Kamis, 15 Juli 2010

NISFU SYA’BAN

NISFU SYA’BAN

1. Rasulullah SAW bersabda, “tahukah kalian, apa sebabnya dinamakan Sya’ban?
Para sahabat menjawab: Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.
Maka Rasul SAW bersabda: karena Tasya’ub (bercabang-cabang) padanya kebaikan yang banyak.

2. Hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “pernah datang padaku Jibril pada malam Nisfu Sya’ban, seraya berkata, “Wahai Muhammad, inilah malam yang dibukakan padanya pintu-pintu langit dan pintu-pnitu rahmat. Maka bangunlah engkau, shalatlah, dan angkatkan kepalamu dan kedua tanganmu (berdo’a) ke langit!”
Maka akupun (Nabi) bertanya:”Wahai Jibril, malam apakah ini?”
Jibril Menjawab:”inilah malam yang dibukakan padanya 300 pintu rahmat, maka Allah mengaruniakan ampunan bagi mereka yang tidak menyukutukan-Nya dengan sesuatu, kecuali orang yang:

a. tukang sihir
b. tukang tenung
c. bermarah-marahan
d. minum minuman keras
e. terus berzina
f. makan riba
g. durhaka kepada dua orang tua
h. mengadu domba, dan
i. memutuskan tali silaturahmi/
kekeluargaan

Maka sesungguhnya mereka itu tidak diampuni sehingga mereka bertaubat dan meninggalkan perbuatan tersebut.
Maka Nabi SAW pun keluar, lalu melakukan shalat dan menangis dalam sujudnya dan mengucapkan:”Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu dan murka_mu. Dan tidaklah aku dapat menghitung pujian atas-Mu, engkau adalah sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri. Maka bagi-Mu lah pujian hingga engkau ridha.”

3. Malam Nisfu Sya’ban, adalah Malam dilaporkannya catatan tahunan amaliah manusia kepada Allah SWT. Pada malam itu juga Allah turun ke langit dunia dan menghapuskan dosa manusia sejumlah bilangan (sebanyak) bulu domba Bani Kalb. (HR. Ibnu Majah dan At Tarmidzi)

4. Rasulullah bersabda:”Barang siapa yang menghidupkan malam dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) dan malam Nisfu Sya’ban, maka hatinya tidak mati ketika hati (orang-orang) pada mati.

Syekh Ahmad Daeroby mengatakan: “Barang siapa yang membaca Yaa-Siin 3 kal pada malam Nisfu Sya’ban, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.
Para Ulama menganjurkan agar kita, pada malam Nisfu Sya’ban, usai shalat Magrib, membaca Surat Yaa-Siin 3 kali. Pada bacaan pertama, diniatkan memohon panjang umur dalam ta’at pada Allah. Pada bacaan kedua, diniatkan memohon dijauhkan dari segala musibah dan bala. Pada bacaan ketiga, diniatkan memohon rizki yang cukup untuk bekal ibadah.

0 komentar:

Posting Komentar