Kamis, 21 Oktober 2010

KEMATIAN 12 MURID-MURID YESUS & PAULUS

Apakah Anda tahu bahwa Yohanes ketika di Roma ia pernah digoreng hidup-hidup di dalam minyak mendidih. Apakah ia takut menghadapi ini semua? Tidak! Ternyata tidak satupun dari para murid yang memilih untuk hidup senang dan tentram dengan bersedia mengingkari dan tidak mengakui Yesus.

Sejarah tradisi gereja banyak sekali memberikan informasi mengenai kehidupan sampai dengan bagaimana wafatnya para murid yesus. Satu penulis sejarah yang bisa dipertanggung jawabkan t ulisannya berdasarkan bukti-bukti nyata ialah Eusebius. Ia menulis buku mengenai cara meninggalnya para murid yesus di tahun 325 yang berjudul: “Rasul dan murid dari Juruselamat telah menyebarkan dan mengkotbahkan Injil ke seluruh dunia”. Tulisan dari Eusebius telah ditelusuri dan diselidiki ulang oleh penulis sejarah gereja kondang Mr. Schumacher untuk membuktikan akan kebenaran dari tulisan tersebut.

1. Matius meninggal dunia, karena disiksa dan dibunuh dengan pedang di Etiopia.

2. Markus meninggal dunia di Alexandria (Mesir), setelah badannya diseret hidup-hidup dengan kuda melalui jalan-jalan yang penuh batu sampai ia menemukan ajalnya.

3. Lukas mati digantung di Yunani, setelah ia berkhotbah di sana kepada orang-orang yang belum mengenal Tuhan.

4. Yohanes direbus atau lebih tepatnya digoreng di dalam bak minyak mendidih di Roma, tetapi karena Tuhan masih menyelamatkannya maka keajaiban terjadi sehingga walaupun ia telah digoreng hidup-hidup ia bisa hidup terus. Tetapi akhirnya ia dibuang dan diasingkan ke pulau Patmos untuk kerja paksa di tambang batubara disana. Pada saat ia berada di sana, ia mendapatkan ilham sehingga ia bisa menulis injil. Kemudian ia dibebaskan dan akhirnya kembali dan menjadi Uskup di Edessa (Turki). Ia adalah satu-satunya murid yesus yang bisa mencapai usia lanjut dan bisa meninggal dunia dengan tenang.

5. Petrus telah disalib dengan kepala di bawah. Kayu salib untuk Petrus dipasangnya berbeda, ialah secara huruf X, karena itulah permohonan yang ia ajukan sebelum ia disalib,dimana ia memohon untuk disalib dengan cara demikian. Ia merasa tidak layak untuk mati dan disalib seperti Yesus.

6. Yakobus saudara tiri dari Yesus dan pemimpin gereja di Yerusalem, dilempar ke bawah dari puncak bubungan Bait Allah, di tempat yang sama dimana si setan dahulu membawa Yesus untuk digoda. Ia meninggal dunia setelah dilempar dari tempat tinggi tersebut.

7. Yakobus anak Zebedeus adalah seorang nelayan dan ia adalah murid pertama yang dipanggil untuk ikut Yesus, ia dipenggal kepalanya di Yerusalem. Pada saat-saat ia disiksapun, ia tidak pernah menyangkal Yesus, bahkan ia berusaha untuk berkhotbah terus, bukan hanya kepada para tawanan lainnya saja, bahkan kepada orang yang menghukum dan menyiksa dia dengan kejamnya. Sehingga akhirnya orang Romawi yang menjadi penjaga dan penyiksa dia, bisa turut bertobat. Penjaga Romawi itu mendampingi Yakobus pada saat ia dihukum penggal, bukannya sekedar hanya untuk turut menyaksikannya saja, melainkan juga untuk turut dihukum dan dipenggal bersama dengan Yakobus. Pada saat ia mau menjalani hukuman mati, ia berlutut bersama di samping Yakobus, sambil berdoa, itu adalah doanya yang terakhir, sebelum ia mati dipenggal bersama Yakobus sebagai pengikutnya.

8. Bartolomeus yang lebih dikenal sebagai natanael ia menjadi misionaris di Asia, antara lain ia memberikan kesaksian di Turki. Ia meninggal dunia di Armenia setelah ia mendapat hukuman pukulan cambuk yang sedemikian kejamnya sehingga semua kulitnya menjadi hancur terlepas kebeset.

9. Andreas juga disalib seperti Petrus dengan cara X di Yunani. Sebelum ia meninggal, ia disiksa dengan hukum cambuk oleh tujuh tentara dan diikat di salib. Dengan cara demikian mereka bisa memperpanjang masa sakit dan masa siksaannya. Seorang pengikut Andreas yang turut menyaksikan hukuman Andreas menceritakan perkataan yang telah diucapkan oleh Andreas sebelum ia meninggal dunia: “Ternyata keinginan dan cita-cita saya bisa terkabul dimana saya bisa turut merasakan “happy hours” dengan disiksa dan disalib seperti Yesus.” Bahkan pada saat ia disiksa pun tiada henti-hentinya ia berkhotbah terus, ia berkotbah terus dua hari sebelum ajalnya tiba.Berkotbah sambil dihukum cambuk.”

10. Rasul Thomas mati ditusuk oleh tombak di India.

11. Yudas saudaranya dari Yesus dihukum mati dengan panah,karena ia tidak bersedia untuk mengingkari Yesus.

12. Matias, pengganti dari Yudas Iscariot mati dihukum rajam dan akhirnya dipenggal kepalanya.

* PAULUS disiksa dengan sangat kejam dan akhirnya dipenggal kepalanya oleh Kaiser Nero di Roma pada tahun 67. Paulus adalah orang yang paling lama mengalami masa siksaan dipenjara. Kebanyakan surat-surat dari Rasul Paulus dibuat dan dikirim dari pernjara.

57 komentar:

klo yang mati 12 orang dg cara sadis dan 13 orang. saya rasa ada sesuatu yg istimewa dari orang2 itu.
apa itu?
Ajaran2 mereka tdk diterima masyarakat.

klo yang mati 12 orang dg cara sadis dari 13 orang. saya rasa ada sesuatu yg istimewa dari orang2 itu.
apa itu?
Ajaran2 mereka tdk diterima masyarakat.
ajarannya dianggap sesat.

Matius 16 : 24 - 25
Lalu Yesus berkata kepada murid-muridNya : "Setiap orang yang mau mengikut aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut aku. Karena barang siapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya ; tapi barang siapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya".

Salut untuk semua murid Yesus, para rasul kita ^,^

Tolong cantumkan sumber yang berasal dr Bible (ayat) dong biar lebih konkrit.

Thanks btw, jadi mikir. kita yg generasi penerus alias muridNya yg sekarang sudah sejauh apa ya. Baca firman aja mungkin males. Sedangkan mreka berjuang sampai mati dan hidup menderita sedemikian rupa. Kita untuk berjuang baca firman aja susah. Miris sih melihat generasi skrng.

Smoga murid2 di jaman post modern ini memiliki spirit sperti rasul terdahulu. Fightiiinngg !

Benar-benar seorang martir yg telah dipilih TUHAN.
Mereka rela memberitakan injil,sampai maut sekalipun,walau dunia menentang.

maaf kalau ada yang marah, tapi mengapa Kitab Injil ditulis oleh para Muridnya Jesus?kenapa tidak ditulis oleh Jesus sendiri? seperti kitab Taurat Musa? bukankah jika itu ditulis oleh murid Jesus sama dengan Hadist dalam Islam ya? Maaf klo ada yg marah

Dear anonim, Tuhan memakai beberapa orang untuk menuliskan pesan yang sama yaitu 'Tuhan telah menjadi manusia di dalam Yesus Kristus, untuk menggantikan posisi manusia yg semuanya sdh berdosa dan harus dihukum, supaya manusia berdosa bisa dibebaskan dari hukuman dan mendapat hidup kekal di surga'.

Kalau kita sendiri menulis tentang hidup kita belum tentu bisa dipercaya, tapi kalau banyak orang menuliskan hal yang sama tentang kita maka kesaksian kita makin kuat, Begitulah maksud Tuhan melibatkan banyak orang menjadi saksi tentang siapa dan bagaimana Kristus telah hidup, mati disalibkan dan bangkit dari kematian. Dan akan datang lagi untuk menjemput kita yang dikasihiNya..

Utk yg komentar pertama: Setidaknya Rasul kami tidak mengajarkan untuk kawin sampai 4x atau menikahi anak gadis di bawah umur.. jangan lupa iming2 72 bidadari perawan utk yg mati syahid (ajaran agama kok orientasinya selangkangan terus sih?) Itu sudah..

Pengikut Kirstus yang menderita karena memberitakan kabar keselamatan dan sukacita tidak seberapa dibanding dengan kemuliaan yang mereka terima.

Rasul2x Kristus mati martir membuktikan ajaran Kristus yang penuh kasih dengan tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Dan penyebaran injil tidak dilakukan dengan cara kekerasan yaitu peperangan tetapi disampakaikannya secara verbal dan tulisan bukan dengan pedang. Karena keyakinan akan iman mereka dan karena bimbingan Roh kudus sehingga para rasul2x berani menyebarkan injil walaupun harus dihukum mati. Mereka tidak akan berani mati demi Yesus Kristus bila mereka tidak yakin bawa Yesus Kristus adalah Tuhan yang menjelma sebagai manusia. kalau cerita Yesus kristus hanya karangan rasul Paulus karena ia mengejar kekuasaan itu salah besar karena didalam sejarah tercatat bahwa rasul Paulus merupakan seseorang yahudi yg merupakan murid dari gamaliel seorah ahli taurat yg terkenal dan dia mempunyai kewargaaan romawi jadi kedudukan dia sudah sangat nyaman.tetapi dia tinggalkan semua ketika dia mengenal Kristus dan dia tetap bahagia walaupun harus disiksa dipenjara karena pemberitaan injil juga dia menolak kekuasan ketika banyak orang menganggap dia dewa ketika memberitakan injil di yunani bila hanya megejar kekuasan dia akan memanfaatkan itu dan tidak mau disiksa karena pemberitaan akan Yesus. Karena dia benar2 yakin bahwa Yesus adalah Tuhan karena itu ia berani martir dengan dipenggal kepalanya oleh raja nero. Rasul paulus terkenal akan tulisannya karena sebenarnya paulus mempunyai kelebihan talenta dalam menulis ketimbang berkhotbah secara verbal seperti rasul petrus.Jadi bila disebut injil dan Ketuhanan Yesus Kristus adalah karangan rasul Paulus itu adalah salah besar dan mengada2 karean tak ada keuntungan materi ataupun jasmani yang didapat rasul Paulus ketika memberitakan bahwa Yesus adalah Tuhan bahkan sebaliknya dia harus mati.rasul2 yang lain pun setuju dengan tulisan Paulus karena rasul2 lain memang mengenal yesus secara pribadi ketika masa pelayanan Yesus.

Ntah rasul kepercayan umat kristen maupun islam tak ada bedanya yaitu sama" mengajarkan dan menyebarkan kebaikan untuk umatnya, tetapi umatnya saja yg tak bisa akur sehingga menyebabkan perpecahan diantara mereka, dampak dan sebab dari perbedaan pendapat dan perbedaan kepercayaan, jadi tak ada yg salah antara umat kristen maupun islam asalkan kita bisa saling menghargai dan bertoleransi.... :)

Ntah rasul kepercayan umat kristen maupun islam tak ada bedanya yaitu sama" mengajarkan dan menyebarkan kebaikan untuk umatnya, tetapi umatnya saja yg tak bisa akur sehingga menyebabkan perpecahan diantara mereka, dampak dan sebab dari perbedaan pendapat dan perbedaan kepercayaan, jadi tak ada yg salah antara umat kristen maupun islam asalkan kita bisa saling menghargai dan bertoleransi.... :)

Yohanes 15:18 (TB) "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
1 Korintus 1:18 (TB) Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.
1 Korintus 2:14 (TB) Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.

orang yang tidak memiliki kepercayaan menganggap semua itu adalah kebodohan , tetapi orang yang benar-benar percaya akan yesus dan mengakui keberadaan Nya , maka ia tidak akan bertanya-tanya apakah semua itu benar atau tidak

di ULANGAN tercantum orang yang mengaku mendapat firman TUHAN dia tidak akan mati terbunuh, kalau mati terbunuh berarti itu Rasul palsu

ke 12 Murid Yesus boleh jadi mereka wafat sebagai syahid karena mereka menjalankan apa apa yang yesus ajarkan, dan mereka tidak pernah mengakui teologi yang dibawa oleh paulus seperti Yesus Tuhan atau Yesus menebus dosa manusia.

hahahaaa, itulah bodonya setan yg menganggap kematian Yesus ataupun para rasul sebagai kekalahan. Sebaliknya lho, Yesus sebagai martir pertama telah membuat banyak pengikutNya makin teguh setia dan terus bertambah jumlahnya. para rasul mati sebagai martir itu semua atas ijin Tuhan. Kenapa? Karena DIMANA ADA DARAH TERTUMPAH UNTUK KRISTUS DISITU PENEBUSAN BESAR TERJADI! Amin.

memang alquran siapa yg nulis..muhamad? pelajari dlu dah alquran.! alquran penulisnya jg bukan muhamad..jg orng" trdekat muhamad

Wkwk...iya dah loe masuk surga, mau ngejek orang,mau gosipin orang.kagak ada dosa. Dah pst masuk surga.mau bohong sana sini jg aman.wkwk

Semua orang jg tahu yang nulis Al Quran bukan Muhammad. Dah lama tahu..

Yesus firman yg menjadi hidup dan firman itu allah sendiri,jadi gak perlu nulis

Ia bener, yesus kn firman yg hidup, jd ap pun kata yesus, adalah firman, betul gak,. Tetangga gak ngerti sih,, jd gak perlu di tulis, tp tkt ajaran nya hilng lalu para murid menulis lh firman dan cerita d dlm injil,biar rentang wktu yg lama tp yakin pasti ingat kok cerita nya, bukti nya aja, cerita nya sama dan saling berhubungan antara injil satu dan injil yg lain,, wlw pun ad sidikit beda sih dngan ajaran sekarang, tp di sama2 kn aja lh kn ad perjanjian baru buat mengoreksi yg tidak sama menjadi sama. Yg penting sesuai kebutuhan, nah klo kuran, isi nya ap? Gak jelas, ap ad yg trbukti d dlm alkuran, semua kata nya ngawur, masak air asin sama air tawar gak nyatu, masak ada big bang, masak bilang gunung itu pasak bumi, masak bilang ada api yg gak padam d dalam lautan, gila ap, 14 abad yg lalu tau hal2 kayak gitu, dukun kali ya muhammed itu, wkwkwkw

tolong jangan membuat postan ini sebagai pertengkaran antar agama. toh saat kita berpulang tidak akan ditanyakan apa agamamu tapi yang akan ditanyakan apa saja yang kau perbuat di dunia

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Tolong jgn menjelekan agama islam,nabi Muhammad saw,maupun alquran..apa yg diajarkan harus menjelekan agama yg lain??bkn tidak,,kita hidup di negara dgn berbagai macam agama Dan kepercayaan..untukmu agamamu untukku agamaku

Untuk anda anonim yg blg alquran isinya apa Dan blg ga jelas,tolong anda pelajari dulu baru bisa berkomentar..jgn mengatai nabi Dan rasul kami Muhammad saw..anda knp tdk bisa menjaga tutur katanya..astagfirullah..semoga Allah mengampuni dosa kita semua,karena Allah maha pengampun lg maha penyayang

Yup. Yang terpenting adalah bagaimana mempraktekan kasih. Kita semua sama manusia. Manusia diciptakan Tuhan.Saling melengkapi satu sama lain

Mau tanya dong min atau saudara saudari sekalian...

Pada zaman Yesus apakah sudah ada kristen?jelas Belum, saat itu agama hanya ada yahudi
Saat zaman Muhammad apakah sudah ada islam? Jelas belum ,saat itu Hanya ada Yahudi dan Kristen

So Yesus beragama apa? Dan Muhammad beragama apa?

Mohon pencerahannya suhu

Kristen itu adalah sebutan pengikut Yesus bukan agama ,sedangkan Yesus sendiri dr awal karena dia keturunan Yahudi jadi ikut ajaran taurat Musa.. Dan kekeristenan adalah agama yang tidak bertentangan dengan sejarah justru diAlkitab membuktikan keakuratan sejarah berdasarkan apa yang diperbuat Allah dari dulu..plus saksi2 sejarah bahkan dr yg non kristen Nyambung intinya.. Tp klu muhammat dapet Al quan sendiri gak ada saksi bilangny disuruh bawa agama islam yg nyatanya isi kitab itu hanya copy paste dr alkitab perjanjian lama yg ditulis ulang dan dikaburkan kemana2 alias kagak nyambung.. Masa dari israel ke arab dan yg mana awal yg mana akhir bingung soal agama muhammad gak ngerti deh yg jelas ketika menikah dia pasti tidak dengan. Izab kabul karna alquran blom ada jadi apa yaa?? pikir deh, maaf ya klu diAlkitab jelas ada sejarah perjalanan akuratnya dr PL ke PB yang berpengertian bisa cerna ini.. GBU all

Klu mati diracun istrinya itu nabi palsu bukan ya?

Sungguh martir sejati. Dan selalu, pasti dari sebelah inisiatif nimbrung. Kenapa ya? Can't they just leave us alone? Hahaha

Bisa kok diterima di masyarakat, wong di dunia pengikutnya ada banyak.

Selama nggak diajarin bunuh non-kristen, pedofilia, benci non-kristen, perang, menggal pala orang, nyuri, mukul istri, ngambil istri orang, bunuh orang yang keluar dari kristen, itu ga sesaatt brooo. Sesat gundulmu.

Waduh, baca surat2nya Petrus dong bro, Petrus itu murid kesayangannya Yesus karena dulu dia orangnya bebal susah percaya. Teologi dari Petrus sama dengan Paulus. Dan tulisan2 Paulus itu udah direstui sama Petrus (ditulis di bible).
Makanya jangan mau dihasut sama orang kayak Zakir Naik, orang nebar kedengkian dan kebencian kok didengerin. Dunia itu jadi perang gara2 banyak orang2 kayak Zakir. Dawah kok yang diomongin agama orang lain. Gimana ga pada panas orang2 agama lain. hahahahaha

Ya mau gimana lagi bro, mau kita bahas apaan aja mereka dari sebelah pasti nimbrung kok. Emang udah naturenya begitu, karena di kitabnya juga ikut2an bahas agama Kristen berasa paling bener ngaku2 itu tuhan yang ngomong, ga heran pengikutnya pada nimbrung sok "ngelurusin", risih sih tapi yaudahlah.. hahaha

Ya, coba anda kasih tau itu ke Zakir Naik, Ahmed Deedat, Yusuf Estes, Irena Handoyo, dan mualaf warrior lainnya.

Kalo ga mau dijelekin, ya jangan jelekin duluan, eh tapi susah sih di kitabnya soalnya udah nyinyir duluan sama kafir2, apalagi Yahudi dan Kristen. Heheheh

(Trinitas tri in one tri tunggal) saudaraku kristiani bisa jelasin gak definisinya sama tunjukin contohnya soalnya ini mnyangkut pondasi iman.
Kalo pondasi kan harus kuat jelas dan gamblang ,,,
Monggo d jelasin,,,

Saudaraku anonim:
Dalil sangat jelas mnyatakan dlm ULANGAN; orang yg mngaku menerima firman ia tidak akan mati terbunuh, kalo mati terbunuh berarti itu rasul palsu,
Bukan kah sangat jelas rasul kalian hampir semuanya mati terbunuh,
Bagi saudara yg mengatakan MUHAMMAD mati terbunuh tolong tunjukin dalilnya d injil al'quran / hadits ,,,

Tidak usah debat. Hidup adalah pilihan. Mau ke surga atau neraka. Kerjakanlah imanmu dengan baik dan benar.

Tidak usah debat. Hidup adalah pilihan. Mau ke surga atau neraka. Kerjakanlah imanmu dengan baik dan benar.

jangan saling menghakimi dan mengklaim agama mana yang benar dan salah dan kitab mana yang benar dan yang salah, sekarang sudahkah kalian saudaraku semua melakukan apa yang TUHAN KEHENDAKI?
kita sebagai manusia ciptaanya hanya bisa berdoa,memuji,menyembah,taat,setia,melakukan perintahnya,berbuat kebaikan antar sesama karena kita adalah ciptaanya.
serahkan semua kepada TUHAN dan manusia hanya bisa berserah karena akan ada masanya hukum dari pada TUHAN di tegakkan untuk mengangakat bagi orang yg percaya dan menghukum orang yg berdosa.
karena TUHAN kita adalah TUHAN yang berdaulat PENCIPTA LANGIT DAN BUMI DAN SEGALA ISINYA . GOD BLESS YOU ALL

Syalloom...! Dulu sy pernah bertanya pada diri sendiri agama mana yg benar (pd saat duduk di sekolah dasar) karena ada beberapa agama di Indonesia.Akhirnya Yesus menunjukkan diri-NYA kpd saya (pd saat sdh kerja).Yesus menaruh tangann-NYA di atas kepala saya dan tiba2 air mata mengalir, pd saat berusaha menghentikan tanggisan saya tidak bisa.Roh Kudus bekerja.setelah itu saya merasa damai sejahtera. Kejadian itu meyakinkan saya bahwa Yesus adalah Tuhan kita . Akhirnya apa yang saya cari selama ini telah saya dapatkan.spt tertulis di Matius 7:7 "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Sdr/i ku percayalah, jgn kalian mengeraskan hati kalian.jika tidak percaya undang Yesus hadir. Pasti kalian akan melihat Yesus. Itu sdh byk terbukti.di iran sdh byk org bertemu Yesus dan percaya(bertobat).dan juga di negara lainnya.ok, gbu all.

Dunia mengakui kristen bukan karena diberitakan dengan damai tetapi melalui penjajahan, pembunuhan etnis besar2an, pemaksaan iman.

Dunia mengakui kristen bukan karena diberitakan dengan damai tetapi melalui penjajahan, pembunuhan etnis besar2an, pemaksaan iman.

Dunia mengakui kristen bukan karena diberitakan dengan damai tetapi melalui penjajahan, pembunuhan etnis besar2an, pemaksaan iman.

Mau tanya ni gan,
Setelah belajar meskipun masih sedikit tp timbul pertanyaan.

Saya bingung,
1. Kenapa yg di-Beritakan seolah2 "membesarkan" rasul paulus yg notabene bukan ke-12 rasul pilihan Yesus? Bukanya Yesus memanggil rasul2 itu dari Bani Israil yg dianalogikan sebagai domba2,

2. Kenapa hanya 4 injil yg kanonik?

3. Kenapa banyak pembenaran gereja merujuk dari tulisan rasul paulus? Apa karena tulisan ke-12 rasul itu tidak Sepenuhnya kompeten?

Trima kasih, dan berharap dijawab tanpa ada sinis dan skeptis.
GBU

Kalau di Islam, Al-Quran sbg firman allah diterima oleh nabi Muhammad dan diwartakan olehnya. Begitu pula dengan Nabi Musa menerima taurat dari TUHAN untuk diberitakan kepada umat Israel. Hal ini beda dengan Yesus dalam ajaran Kristus, Kristus adalah Firman TUHAN itu sendiri yang menjadi manusia. Jadi Kristus yang diwartakan melalui injil. Karena arti dari injil adalah kabar sukacita bahwa Firman Tuhan yang bersama dengan Allah dan yang adalah Allah itu sendiri datang ke dalam dunia untuk menebus hidup manusia. Sehingga Kristus merupakan inti yang diwartakan melalui injil yang ditulis tentang Kristus itu sendiri. Kristus ketika berkotbah selalu berkata, "Sesungguhnya Aku berkata kepadamu..." yang berarti dia adalah Firman Allah itu sendiri yang bersabda bukan Ia memberitakan injil yang ia dengar. Jadi injil dan Al-Quran maupun taurat itu beda posisinya. Semoga dapat menjawab. Wassalam.

Kalau di Islam, Al-Quran sbg firman allah diterima oleh nabi Muhammad dan diwartakan olehnya. Begitu pula dengan Nabi Musa menerima taurat dari TUHAN untuk diberitakan kepada umat Israel. Hal ini beda dengan Yesus dalam ajaran Kristus, Kristus adalah Firman TUHAN itu sendiri yang menjadi manusia. Jadi Kristus yang diwartakan melalui injil. Karena arti dari injil adalah kabar sukacita bahwa Firman Tuhan yang bersama dengan Allah dan yang adalah Allah itu sendiri datang ke dalam dunia untuk menebus hidup manusia. Sehingga Kristus merupakan inti yang diwartakan melalui injil yang ditulis tentang Kristus itu sendiri. Kristus ketika berkotbah selalu berkata, "Sesungguhnya Aku berkata kepadamu..." yang berarti dia adalah Firman Allah itu sendiri yang bersabda bukan Ia memberitakan injil yang ia dengar. Jadi injil dan Al-Quran maupun taurat itu beda posisinya. Semoga dapat menjawab. Wassalam.

https://sejarahmartir.wordpress.com/about-2/

http://surgabenar.blogspot.com/search/label/alquran

Tentulah rasul Paulus lebih terkenal karena karya tulis injil Paulus jauh lebih banyak dibanding rasul lainnya dan dikirim keberbagai tempat yang jauh lebih banyak dibanding rasul lainnya sehingga rasul Paulus lebih populer,tulisan rasul Paulus lebih universal, lebih menyentuh semua golongan dan lebih konkrit untuk dipahami. Karena itu tulisan rasul Paulus begitu hebat bahkan menjungkirbalikkan keyakinan setiap yang membacanya, Terpujilah Allah dalam Keyakinan ku yang Utuh didalam Yesus Kristus Tuhanku

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Terpujilah Tuhan. Rasul Paulus di pakai Tuhan Sehingga tulisannya bisa menembus pikiran manusia bersunat atau tdk bersunat.

Halo, Saudaraku semua. Saya Wahyu Tri
mencoba sharing pengetahuan:
1. saudaraku yang bertanya akan arti tritunggal, saya coba sharing seperti berikut. Pada gereja awal, umat pengikut kristus di area-area timur tengah sudah mengucapkan hal ini sebelum mereka berdoa" bismil abi wal ibni wal rohil qudus, ilahi wachid" yang artinya adalah dalam nama bapa dan putra dan roh kudus yaitu Allah yang satu. salah satu dasarnya ada di Injil Yohanes 1 : 1 , dan banyak dasar yang lain dan silahkan anda baca sendiri (biar jelas dan tidak ragu kalau dasar tritunggal itu ada dalam alkitab) dan semoga Roh Kudus membimbing saudara, kalau ragu dengan alkitab yang terjemahan bahasa Indonesia, silahkan cari di Alkitab bahas Yunani atau bahasa Arab juga ada.
2. untuk yang bertanya seolah-olah kristen membesar-besarkan Paulus dan banyak rujukan gereja dari kitab-kitab paulus, saya coba sampaikan pendapat saya. ini mungkin masalah budaya, budaya timur tengah adalah budaya menghapal. kitab-kitab ayat-ayatnya dihapalkan sehingga tulisan-tulisan 12 murid lebih sedikit, dan mereka pada dasarnya tidak membentuk agama baru, karena tidak pernah dikatakan Yesus mengajak murid2nya untuk membentuk agama baru, justru Yesus dan murid-muridnya beribadah bersama-sama orang Yahudi, sangatlah mungkin murid-murid juga beribadah tetap dalam tradisi Yahudi sehingga minim perubahan.
sedangkan Paulus adalah awalnya adalah seorang fanatik Yahudi. Murid Gamaliel seorang yahudi terpelajar dan memiliki kewarganegaraan Romawi. Latar belakang pendidikan dan pengetahuannya kemungkinan besar mempengaruhi bahwa jika pemikirannya itu tertulis, maka akan tercatat bahwa ia perlu menyatakan bahwa saat ini ia sudah mengakui bahwa ia tidak lagi mengejar orang kristen untuk dibunuh, tapi dia adalah salah satu pengikut Yesus. dan juga pengaruh Romawi, yang adalah budaya menyampaikan pendapat dan menulis membuat ia merasa harus menuliskan dasar-dasar pemikirannya mengenai kekristenan.
3. Untuk pertanyaan tentang mengapa hanya 4 injil yang masuk dalam kanon,lebih lengkapnya silahkan baca di http://www.sarapanpagi.org/kanon-alkitab-vt142.html , menurut saya bapa-bapa gereja sudah berusaha keras untuk menentukan golongan kitab-kitab kanonik dan apokrif.
semakin kita banyak membaca semakin banyak kita menemukan kebenaran. jangan takut untuk membaca Al Kitab dan Al Quran. bimbingan roh Kudus itu nyata, dan akan menunjukkan kita semua ke jalan yang lurus. AMIN.

Poskan Komentar